Cara ke Labuan Bajo Dimasa New Normal, Harus Booking Online

Labuan Bajo, Booking Online, Wisata Labuan Bajo 2020,

Pandemi COVID-19 yang hadir menerpa dunia belakangan ini membawa dampak yang luar biasa terhadap dunia, termasuk industri pariwisata. Bagaimana tidak, UNWTO dalam webinar-nya menyebutkan bahwa dampak dari pandemi ini 100 hingga 120 juta pekerjaan dalam resiko, berkurangnya 850 juta hingga 1,1 milyar kunjungan international, dan juga menghilangkan 910 M hingga 1,2T US$ dari eskpor pariwisata (28/5).

UNWTO Webinar: The Impact of COVID-19 on Tourism – Asia & Pacific

Selain merubah beberapa kebiasaan hidup manusia dan cara berwisata wisatawan, pandemi ini juga turut merubah cara destinasi wisata menerima wisatawan. Nampaknya semua hal beradaptasi dan masuk ke dalam ranah istilah new normal.

Faktor penentu keputusan berwisata pasca COVID-19, faktor pertimbangan seseorang memilih destinasi wisata pasca COVID-19,

Sebut saja Labuan Bajo, destinasi yang menjadi salah satu destinasi super prioritas ini turut menerapkan kenormalan baru dalam menerima wisatawan. Kebiasaan wisatawan yang melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo hanya dengan KTP dan tiket pesawat, sekarang sudah tidak seperti itu lagi.

Yap, ada beberapa dokumen tambahan yang harus disiapkan wisatawan untuk mengunjungi Labuan Bajo. Pertama adakah dokumen hasil rapid test atau SWAB yang menyatakan non-reaktif atau bebas dari virus COVID-19, yang dikeluarkan oleh rumah sakit/klinik kesehatan dan masih dalam batas kurun waktu yang telah ditetapkan yaitu berlaku selama 14 hari setelah tanggal dikeluarkan.

Baca Juga: Perbedaan Rapid Test dan Test SWAB untuk deteksi COVID-19

Online Registration/Booking Online

Selain hasil rapid test atau SWAB test, calon pengunjung juga wajib melakukan registrasi atau booking online terlebih dahulu, di situs https://registration.labuanbajoflores.id. Validasi data registrasi atau booking online ini memerlukan waktu 2×24 jam. Jadi pastikan anda melakukan registrasi minimal 3 hari sebelum waktu keberangkatan, karena calon pengunjung diwajibkan memiliki ijin yang disetujui dari registrasi online tersebut.

Hasil Booking Online Labuan Bajo, Registrasi Online Labuan Bajo,

Setelah 2 dokumen tambahan tersebut siap, barulah calon pengunjung dapat berkunjung ke Labuan Bajo. Tentu dengan tetap menaati protokol kesehatan yang telah diterapkan ya.

Tidak lupa juga untuk mengisi e-HAC (Health Alert Card) atau kartu kewaspadaan. Setiap orang yang melakukan perjalanan dalam negeri melalui laut dan/atau udara wajib mengisi kartu kewaspadaan ini.

Baca Juga: Panduan mengisi e-HAC

Alur Perjalanan

Pertama, saat tiba di bandara, calon pengunjung diwajibkan memvalidasi surat keterangan sehat/non reaktif dari hasil rapid test atau SWAB test ke konter kesehatan. Setelah berhasil memvalidasi, calon pengunjung baru melakukan proses check-in ke maskapai yang bersangkutan. Setelah proes check-in selesai, calon pengunjung diharuskan memperlihatkan boarding pass, KTP, dan surat keterangan hasil rapid test/SWAB yang telah divalidasi oleh petugas kesehatan di konter tadi baru bisa melakukannya security checking. Baru lah setelah itu calon pengunjung dapat berjalan menunggu pesawat di boarding room.

Selama alur tadi dan waktu boarding pun, penumpang diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan juga menjaga jarak dengan orang lain (physical distancing). Di dalam pesawat pun bangku tengah selalu dikosongkan, masuk dan keluar pesawat juga diatur berdasarkan tempat duduk.

Setibanya di Labuan Bajo calon pengunjung diwajibkan menunjukkan bukti registrasi online dan juga pengisian e-HAC. Setelah semua proses berhasil dilakukan baru lah pengunjung dapat dengan lega mengunjungi Labuan Bajo.

Baca Juga: Wisata Labuan Bajo Kembali Dibuka 1 Juli 2020

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *