Konsep Pengembangan Bukchon Hanok Village

Bagi yang belum tau apa itu Bukchon Hanok Village boleh mampir ke post yang sebelumnya ya.. ^^

Baca juga: ‘BUKCHON HANOK VILLAGE – Keliling di Komplek Perumahan Orang Lokal’


Seoul – Konsep Pengembangan
merupakan City Project dari Pemerintah Lokal. Dengan tujuan untuk rebuilt or resurrect the Korean Cultures after Korean War, atas dasar upaya itu UNESCO mengapresiasinya. Sengaja dirancang sebagai komplek perumahan dengan desain bangunan khas Korea, direnovasi tahun 1930. Cara nya berbagai macam, ada yg dikasih bantuan pemerintah untuk mendesain bangunan sesuai dengan desain tradisional khas Korea. Ada peraturan juga yg mungkin ngelarang pemilik rumah mendesain bangunan diluar dari perencanaan. Kalo di Indonesia kaya di daerah ada peraturan Tata Ruang Bangunan yg di dalamnya detail tentang desain, jarak, dll nya.
Pada dasarnya Pariwisata Perkotaan atau City Tourism itu kegiatan wisata yg berlangsung di area perkotaan dan dapat terjadi karna memang memiliki sesuatu yg unik yg dapat menarik turis untuk berkunjung. Merupakan bagian dari perencanaan kota dan regenerasi kota. Menurut Klingner (2006:1) pariwisata perkotaan adalah sekumpulan sumber daya atau kegiatan wisata yg berlokasi di kota dan menawarkannya kepada pengunjung dari tempat lain. “a set of tourist resources or activites locaed in towns and cities and offered to visitors from elsewhere.” Menurut Inskeep (1991:163) peran pariwisata dalam perkotaan “urban tourism …. A very common form of tourism takes place in large cities where tourism may be important but is not a primary activity of the urban area” 
That’s why Pariwisata Perkotaan berbeda dengan Kota Wisata. Kalau Kota Wisata memang Kota yg dibangun untuk kegiatan pariwisata dan menggunakan sector pariwisata sebagai sector utama penggerak perekonomian kota.
Ada berbagai macam konsep pariwisata perkotaan, untuk case kali ini masuk dalam tourist-historic city (arsitektur sejarah, istana, rumah tradisional) dan melakukan upaya konservasi contohnya dengan city project Bukchon Hanok Village.
 
Daftar Pustaka:
Kristin Klingner (Author), 2006, Urban Tourism in Hamburg and the World Cup, Munich, GRIN Verlag, https://www.grin.com/document/59422
                         Inskeep, Edward, (1991): Tourism Planning- An Integrated Sustainable Approach, Van Nostrand Reinhold, New York.

Recommended Articles

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *