Lemang Kancung Beruk (Kantung Semar): Kuliner lezat dan unik khas Desa Lempur, Jambi

Lemang Kancung Beruk, Kantung Semar, Kuliner Jambi, Kuliner Khas Kerinci, Wisata Kuliner,
Jambi – Mendengar namanya saja sudah terbayang bukan bentuk dari makanan unik khas Desa Lempur di Jambi ini?
Ya, benar sekali.  Makanan unik ini berbahan dasar kantung semar. Lantas apakah benar-benar dapat dimakan kantung semar ini?
Coba kita cek terlebih dahulu. Kantung semar adalah tumbuhan yang hidup di daerah tropis, bentuknya yang unik menyerupai kantung dan kulitnya yang berbulu membuat tumbuhan ini tidak banyak dimanfaatkan oleh kebanyakan orang. Fyi, pada masa hidupnya kantung semar memakan apa saja yang hinggap dimulutnya. Hehe
Masyarakat Desa Lempur memanfaatkan kantung semar sebagai makanan khas mereka. Bagian Kantung Semar yang dimanfaatkan dalam hidangan ini adalah bagian kantung nya digunakan sebagai alas dari ketan yang hendak dikukus.


Lantas bagaimana cara membuat dan menghidangkannya? Bahan-bahannya kantung semar yang sudah dibersihkan, ketan putih/hitam, santan cair dan 2 sdm garam, lalu untuk bahan-bahan kuah srikaya 1500ml santan 250g gula pasir 150g gula merah, 50gr bubuk srikaya, vanili bubuk, 2 butir telur, garam. Pertama kantung semar dikumpulkan dan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah bersih kantung semar diisi ketan yang sudah disiapkan, kurang lebih 3/4 dari kantung (dicuci dan direndam selama 3 jam dan ditiriskan hingga kering). Setelah diisi ketan, dituangkan santannya hingga menutupi kantung semar nya. Lalu dikukus hingga matang.

 

Sambil menunggu mari kita siapkan kuah srikayanya, caranya dengan mencampurkan semua bahan, lalu aduk adonan hingga menggental, setelah itu siapkan panci dengan air dan masukan seluruh santan kental dan adonan yang sudah diaduk tadi. Lalu tunggu hingga matang.
Bila semua dipastikan sudah matang, cara memakannya adalah, dengan membuka kantung semar nya dan ketan di dalam dicocolkan dengan kuah srikaya. Hmm nikmat.

 

Hehe. Ini pertama kali dan ternyata harus dibuka dulu kantung nya baru disantap bersama dengan kuah srikayanya.
Masyarakat Desa Lempur biasanya menyajikan hidangan khas ini pada saat-saat tertentu saja, seperti acara adat dan hari besar. Di Desa Lempur sendiri, kantung semar dapat dengan mudah ditemukan di sekitar Danau Lingkat.
Hingga saat ini tradisi mencari kantung semar setiap tahunnya yang dilakukan para anak muda di Desa Lempur tidak pernah terlewatkan.
Background nya adalah Danau Lingkat
Lemang Kantung Semar dengan cita rasa yang nikmat dan bentuknya yang unik sangat cocok dijadikan sebagai salah satu kuliner khas Jambi dan sangat wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Jambi khususnya Desa Lempur.
All Pic Source by Langkah Kaki Si Jojo

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *