Seru-nya ber Virtual Tour ke Pacitan

Informasi, Virtual Tour Pacitan, Wisata Pacitan, Wisata Jawa Timur,
Pacitan – Jadi kurang lebih sekitar sebulan yang lalu, saya bersama teman-teman melakukan fieldtrip yang tidak biasa. Mengapa demikian? Yap karena kami melakukan Virtual Field Trip, tidak lain dan tidak bukan karena mengikuti protokol yang sedan dijalankan di masa pandemi ini.

Namun nyatanya walau hanya sekedar jalan-jalan virtual bukan berarti menjadi membosankan. Karena banyak cara untuk membuatnya lebih menarik, seperti yang satu ini.

Pacitan memang belum pernah dikunjungi oleh sebagian besar teman-teman kuliah saya, maka dari itu perjalanan ini sedikit membuat penasaran.

Nah dalam Virtual Field Trip kali ini saya dan rekan saya Ferdi yang merencanakan dan mengatur semuanya, karena kebetulan hanya kami lah yang pernah mengunjungi Pacitan.

Eitsss jangan berpikir yang aneh-aneh ya, Ferdi itu laki-laki kok dan sahabat saya juga. hehehe

Perjalanan kali ini kami rangkum menjadi 2 jam video online, yang aslinya kami rancang untuk 4 hari 3 malam. Baiklah kalau begitu berikut adalah itinerary dan keseruan selama trip nya.

Hari ke 1
Berangkat dari Bandung menggunakan kereta malam, dan tiba di Solo keesokan pagi nya yang langsung dilanjut dengan menggunakan mobil travel ke Kota Pacitan.

Sesampainya di Pacitan kami langsung menyewa motor dan pergi ke daerah Pringkuku, daerah dimana kita menginap. Sesampainya di homestay kami langsung menaruh barang bawaan kami dan langsung bergegas ke daya tarik wisata pertama, yaitu Kali Cokel.

Kali Cokel secara detail akan saya bahas di blog berikutnya ya. Intiya di Kali Cokel ini kita melakukan kegiatan susur kali dengan perahu kecil yang bisa sambil menikmati pemandangan kanan kiri yang sangat jarang kita temukan di perkotaan. Oh iya, muaranya di laut lho Kali Cokel ini.

Nah setelah menyusuri Kali Cokel, kita beranjak ke salah satu daya tarik wisata yang sanat terkenal di Pacitan dan dikenal sebagai ‘Raja Ampat nya Pacitan’ yang bernama Pantai Kasap.

Puas menikmati indahnya Pantai Kasap dari menara pandangnya, kami memutuskan untuk cembalo ke homestay untuk beristirahat.

Hari ke 2
Perjalanan hari ke 2 kami mulai dari mengunjungi daya tarik wisata yang paling terkenal di Pacitan, yaitu Goa Gong.

Setelah puas di Goa Gong dengan detil informasi yang disajikan melalui tautan berikut. Kami melanjutkan perjalanan ke Sungai Maron.

Kami kembali menyusuri sungai hari ini, namun agak sedikit berbeda. Sungai Maron ini terkenal dengan sebutan Amazon Van Java. Memang betul adanya, pemandangan yang tersajikan dari atas kapal nelayan ini seolah membawa kita seperti sedang mengarungi Sungai Amazon. Dengan pepohonan di sisi kiri dan kanannya sungguh mempesona.

Setelah puas berfoto ria di sepanjang susur Sungai Maron ini kami kembali melanjutkan perjalanan ke Pantai Banyu Tibo dan dilanjut ke Pantai Buyutan yang diakhiri dengan menikmati sunset di Pantai Karang Bolong. Sungguh perjalanan yang melelahkan hari ke 2 ini. Namun, amat sangat fun.

Pantai Banyu Tibo

Pantai Buyutan

Karang Bolong
Puas bermain di pantai akhirnya kami beristirahat di homestay, sambil bercengkramah dengan mengunyah cemilan. hehehe

Hari ke 3 yang menjadi hari terakhir kami jalan-jalan menikmati indahnya alam Pacitan ini, kami memutuskan untuk mengunjungi hidden paradise Pacitan yang bernama Pantai Srau.

Mengapa disebut Hidden Paradise? Nah selengkapnya cek disini

Bermain di sepanjang Pantai Srau tidak cukup jika hanya sebentar, karena banyak spot menarik. Berikut beberapa diantaranya.

Puas bermain di Pantai Srau, kami melanjutkan perjalanan ke daya tarik wisata yang sangat terkenal di Pacitan. Ada yang bisa menebak? Ya tidak lain dan tidak bukan adalah Pantai Klayar. Pantai ini merupakan pantai yang sangat terkenal di Pacitan.

Kami menghabiskan waktu sunset disini, selain pemandangan sunset nya yang indah, hal ini juga merupakan hal terakhir yang bisa kami nikmati di Pacitan mengingat besok kami sudah harus kembali ke Bandung.

Matahari mulai terbenam saatnya kami kembali ke homestay. Dan karena ini malam terakhir, ritual kami adalah bermain hingga larut malam. Ya begitulah kami, dan rasanya kemanapun kami field trip rasanya akan tetap seru jika dilakukan bersama-sama orang-orang ini. Hehehe..

Besok harinya kami kembali ke Kota Pacitan untuk mengembalikan motor yang kami sewa dan beranjak ke Solo lagi dengan travel. Setibanya di Solo kami lanjutkan perjalanan ke Bandung dengan pesawat. Sampai disini dulu perjalanan virtual field trip kami kali ini. Sampai jumpa dilain kesempatan..